Kegiatan PKL di Puskesmas Demak 3

Gambar terkait
Puskesmas Demak 3 merupakan salah satu Puskesmas yang terletak di pusat kota Demak, beralamat di wijaya kusuma II, Jl. Cempaka Raya, Katonsari, Kec. Demak, Kab. Demak. Kabupaten Demak dan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang memiliki kerjasama yang sudah berjalan setiap tahun. Adapun kerjasama yang dimaksud yaitu tempat untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa semester 7 DIV Poltekkes Semarang. Alhamdulillah dimanapun tempatnya aku akan bersyukur telah diberikan tempat untuk PKL, tempat dimana akan banyak ditemukan hal-hal yang tidak diajarkan kampus.




Tempat PKL-ku yaitu di Puskesmas Demak 3. Dalam satu Puskesmas, terdapat 5-6 mahasiswa PKL. Kebetulan tempatku ada 6 Mahasiswa, aku sendiri lelaki dan sisanya perempuan. PKL Puskesmas berlangsung selama 1 bulan. Ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Selain praktek klinik, aku juga kebagian tugas yang lain selama disana, diantaranya:

1. Pemeriksaan Berkala dan Pemberian Tablet Fe.
Pemeriksaan berkala dan pemberian tablet fe ini dilakukan di semua sekolah di lingkungan Puskesmas Demak 3, baik itu SD sampai SMA. kegiatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan gigi, pemeriksaan kesehatan umum, penyuluhan, dan pemberian tablet fe. Pemeriksaan berkala ini dilakukan untuk melihat kondisi siswa, jika memang kondisi siswa kurang baik maka akan disarankan untuk ke Puskesmas. Adapun pemberian tablet fe dilakukan untuk mengatasi anemia pada siswa, khususnya pada siswa  perempuan.



2. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)
MMD adalah pertemuan perwakilan warga desa untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD (Wrihatnolo, 2007). sebelum melakukan MMD, akan terlebih dahulu dilakukan Survei Mawas Diri (SMD), yaitu untuk merangkum masalah yang ada di suatu desa yang kemudian ditentukan priotitas masalah di MMD.

3. Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga)

Bulan Eliminasi kaki gajah dilakukan setiap bulan Oktober. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu pemberian obat pencegahan kaki gajah di setiap desa di lingkungan Puskesmas.

4. Pelatihan Dokter Kecil
Pelatihan dokter kecil merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan di sekolah. Adapaun bentuk kegiatannya berupa pemberian materi tentang kebersihan diri, cara menggosok gigi, cara mencuci tangan dan lain sebagainya.

selain 4 kegiatan tersebut, masih banyak kegiatan yang aku lakukan, yaitu penyuluhan tentang kesehatan gigi di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pelayanan asuhan pada kelurga, dan juga pelatihan kader.
Pada akhirnya semua kegiatan yang aku dan teman-teman lakukan pasti memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Satu bulan selama PKL di Puskesmas merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. andai bisa memilih, pasti aku akan memilih PKL terus sampai wisuda ketimbang harus nugas di kampus, hahahahahah.
Sekian dan Terimakasih